Profil Sekolah
Tujuan, Visi, dan Misi
TUJUAN, VISI, DAN MISI SEKOLAH
SD MAARIF JOGOSARI PANDAAN
A. Tujuan Pendidikan
Tujuan Pendidikan Nasional
Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan Pendidikan Dasar
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah dengan memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan di antaranya:
- Perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) menuntut output pendidikan yang berdaya saing (kompetensi dan kompetisi)
- Era kesejagadan yang memungkinkan cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, dan pengaruhnya terhadap perubahan perilaku dan moral harus diimbangi dengan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ)
- Era informasi
- Era perdagangan bebas
- Berubahnya kesadaran masyarakat dan orangtua terhadap pendidikan
B. Visi, Misi, Dan Tujuan Sekolah SD Maarif Jogosari Pandaan
Tantangan sekaligus peluang yang telah dijelaskan di atas harus direspon oleh Sekolah Inovatif SD Maarif Jogosari Pandaan, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa kini dan masa akan datang. Namun demikian, visi Sekolah Inovatif SD Maarif Jogosari Pandaan tetap dalam koridor kebijakan Pendidikan Nasional serta mempertimbangkan potensi yang dimiliki sekolah serta harapan masyarakat yang dilayani.
Dalam upaya merumuskan visi, pihak sekolah melibatkan stakeholders sehingga seluruh kelompok terkait (komite sekolah, guru, karyawan, peserta didik, orangtua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama aktif untuk mewujudkannya.
Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat yang filosofis, khas, dan mudah diingat. Berikut ini merupakan visi yang dirumuskan oleh Sekolah Inovatif SD Maarif Jogosari Pandaan:
VISI SEKOLAH SD MAARIF JOGOSARI PANDAAN
“Menajamkan Pikiran, Melembutkan Rasa, Memekarkan Iman”
Menajamkan Pikiran: bahwa pendidikan bermutu, kreatif, dan inovatif akan mewujudkan insan yang kompetitif dan kompetentif sehingga perlu dirumuskan langkah-langkah yang objektif dan terukur yang mewujudkan sistem pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) serta ditempuh melalui:
- Pembelajaran peserta didik aktif (active learning)
- Pembelajaran di luar kelas (outdoor activities)
- Pembelajaran proyek (project base learning)
- Guru Tamu (guest teacher)
Melembutkan Rasa: Era kesejagadan yang memungkinkan cepatnya arus perubahan dan mobilitas antarsektor dan antartempat, akan berpengaruh terhadap perubahan perilaku dan moral sehingga perlu dirumuskan langkah-langkah yang objektif dan terukur yang mewujudkan akhlak mulia yang ditempuh melalui:
- Pembiasaan dan pembinaan perilaku
- Keteladanan dari semua unsur sekolah
- Pembelajaran karakter
- Unjuk potensi seni budaya
Memekarkan Iman: kalau dua pilar terwujud dalam setiap perilaku keteladanan semua komponen terkait (komite sekolah, guru, karyawan, peserta didik, orangtua, masyarakat, pemerintah), maka muara akhir pendidikan nasional dalam mewujudkan terbentuknya yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa tercapai hal ini ditempuh melalui:
- Program praktik beribadah
- Program monitoring ibadah
- Program pembiasaan dan keteladanan
- Pendalaman Al-Qur’an dan Hadits
MISI SEKOLAH SD MAARIF JOGOSARI PANDAAN
- Menumbuhkan kesadaran seluruh siswa perlunya kerja keras untuk meraih prestasi akademik yang baik, mampu bersaing, dan dapat menghadapi tantangan hidup
- Menumbuhkan rasa belas kasih, cinta sesama, suka menolong, dan gotong royong
- Membangun karakter-karakter penerus bangsa yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia
- Berkomitmen meletakkan nilai-nilai keislaman sebagai dasar dalam proses pembelajaran
TUJUAN SEKOLAH SD MAARIF JOGOSARI PANDAAN
- Peserta didik berani berpikir logis, kreatif, dan kritis.
- Peserta didik berani berkomunikasi dan menuangkan pikiran serta pendapat secara tulisan dan lisan.
- Peserta didik berani berkarya, berinovasi, dan gemar meneliti.
- Peserta didik gemar beramal dan suka memberi.
- Peserta didik berani melaksanakan kejujuran dan taat beribadah.
- Peserta didik menjadi generasi robbani (mampu memahami ilmu agama, mampu mengamalkannya, dan mampu mengajarkan kepada teman sebaya atau di bawah umurnya baik teman sekolahnya maupun teman di luar sekolah).
Sejarah Singkat
Sekolah Dasar Maarif Jogosari Pandaan berdiri pada tahun 1953. Secara geografis, Sekolah Dasar Maarif Jogosari Pandaan terletak di Jl. Sedap Malam No. 12 Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan, di atas tanah seluas 5.225 m2. Sebelum menjadi Satuan Pendidikan Dasar, Sekolah Dasar Maarif Jogosari Pandaan merupakan Satuan Pendidikan Sekolah Dasar di bawah naungan Lembaga Pendidikan Maarif NU yang kemudian berkembang menjadi Satuan Pendidikan Dasar pada tahun 1994, dan mengalami perkembangan lebih lanjut menjadi Sekolah Inovatif yang dicanangkan pada tahun 2004 hingga sekarang.
Sarana & Prasarana
Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah:
Perabot tiga tahun terakhir
- Kursi siswa : 817 buah
- Baik : 817 buah
- Rusak ringan : –
- Rusak berat : –
- Meja siswa : 817 buah
- Baik : 817 buah
- Rusak ringan : –
- Rusak berat : –
- Kursi guru : 50 buah
- Baik : 50 buah
- Meja guru : 28 buah
- Baik : 37 buah
- Rusak ringan : –
- Meja kursi tamu : 2 set baik
- Almari
- Almari Kelas : 26 baik
- Almari Kantor : 10 baik
- Etalase : 2 baik
- Papan tulis
- Baik : 28 baik
- Komputer Siswa
- Baik : 15 unit baik
Rasio jumlah buku dengan jumlah peserta didik dua tahun terakhir
Jumlah buku teks pelajaran yang mendukung proses pembelajaran dua tahun terakhir untuk semua mata pelajaran 1:1.
Sarana penunjang administrasi sekolah dua tahun terakhir
- Komputer Guru : 8 unit baik, 4 laptop baik
- Komputer TU : 1 unit baik
- Komputer Perpustakaan : 1 unit baik
- Printer : 10 unit baik
- LCD proyektor : 2 unit baik
- Prasarana/Gedung sekolah
- Ruang Kelas : 28 baik
- Ruang Kepala Sekolah : 1 baik
- Ruang Guru : 1 baik
- Gudang : 5 baik
- Koperasi : 1 baik
- Kantin : 1 baik
- Kondisi sanitasi sekolah
- Kamar mandi dan WC guru : 2 baik
- WC murid : 18 baik, 6 rusak
- Sumur : 1 baik
- Kran air : 24 baik
Struktur Organisasi
Berikut ini adalah struktur organisasi di SD Maarif Jogosari Pandaan:
Kepala Sekolah
Nurul Khusnaini, S.Pd. adalah kepala SD Maarif Jogosari Pandaan yang ke-XX sejak berdirinya sekolah ini pada tahun 1953. Lahir di Pasuruan pada tahun 1973. Beliau menghabiskan masa kecil sampai selesai tingkat SLTA di Pandaan. Jurusan Dakwah Universitas Agama Islam Ibrahimy Sukorejo Situbondo membawanya menjadi seorang sarjana Pendidikan Agama pada tahun 1996. Beliau melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka pada tahun 2014 untuk linierisasi.
PROGRAM KERJA
Program Unggulan
1. Menjadi Sekolah Inovatif
2. Mengembangkan sikap dan kompetensi keagamaan melalui pembiasaan
3. Mengembangkan potensi siswa berbasis Multiple Intelligance melalui pendidikan kecakapan hidup
4. Mengembangkan budaya daerah
5. Mengembangkan kemampuan bahasa dan teknologi informasi
1. Yaumiyyah
2. One Day Discovery
3. Student Conversation Center (SCC)
Komite Sekolah
Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah. Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya pengembangan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekadar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa. Namun, lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta menjadi pemrakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah. Selain itu, Komite Sekolah harus dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan serta pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, pembentukan pengurus harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut:
Ketua 1 :
Ketua 2 :
Sekretaris 1 :
Sekretaris 2 :
Bendahara 1 :
Bendahara 2 :
Anggota 1 :
Anggota 2 :
Anggota 3 :
Anggota 4 :
Prestasi Siswa
- Juara 1 Lomba Poster se-Jawa Timur Open 2022
- Juara 2 Lomba Mewarnai se-Jawa Timur Open 2022
- Juara Harapan 1 Tari Tunggal Kat. A se-Jawa Timur 2022
- Juara Harapan 3 Tari Tunggal Kat. A se-Jawa Timur 2022
- Juara 1 Syi’iran Blug Geblug se-Kabupaten Pasuruan 2022
- Juara 2 Pildacil se-Kabupaten Pasuruan 2022
- Juara 3 Kaligrafi se-Kabupaten Pasuruan 2022
- Juara 3 Olimpiade Bahasa Inggris dalam KATS Competition 2022
- Juara Harapan 2 Olimpiade Bahasa Inggris dalam KATS Competition 2022
Share this